Latest News

Jeratan Fenomena Comte




Jeratan Fenomena Comte 


Fitriani, S.Pd

15709251067

PPs Prodi Pendidikan Matematika A 2015
(Refleksi Khusus Fenomena Comte dalam Kehidupan)


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum wr.wb

Fenomena Comte kehidupanku
Ketika positif dan negatif digabungkan
Bagaikan magnet yang bersatu di dua kutub yang berbeda
Bagaikan rindu dan benci yang bersatu menjadi satu

Ketika aku tak mampu membedakan mana yang baik dan buruk
Ketika aku tak mampu membedakan mana berguna dan merugikan
Ketika aku tak mampu membedakan mana hitam dan putih kehidupan
Ketika aku tek mampu membedakan mana dosa dan pahala

Ya Allah..ya Tuhan kami
Hanya kepada Engkaulah kami berlindung dan memohon pertolongan
Sungguh kehidupan di akhir zaman ini sangat berat kurasakan
Sungguh kehidupan di akhir zaman ini sangat membingungkan hati dan pikiranku

        Apakah aku mengalami KONTRADIKSI??
        Tak bisa kupungkiri kontradiksi itu memang ada
Kontradiksi itu nyata adanya
Kontradiksi yang membingungkan hati dan pikiranKu

Dimana keburukan telah dihiasi dengan berbagai warna kehindahan
Dimana dosa telah dibumbuhi dengan berbagai warna indah dunia
Dimana hitam menjadi ikon yang membanggakan
Dimana putih menjadi ikon yang memalukan

        Sungguh dunia telah berada di akhir zaman
Teknologi telah merajalela membumbuhi semuanya
Kita terjerat teknologi dan tak mampu melepaskannya
Kita terjerat BUDAYA INSTAN mengubah pola pikir menjadi instan

Internet telah mewadahi segalanya
Berpikir digantikan dengan googling
Interaksi digantikan dengan sosial media
Membuang waktu produktif

Ping..ping.. ada BBM masuk
Twing...twing...ada WA masuk
Ting...laaiinn....ada Line masuk
Zzz..zzzz.....ada yang chat di twiter

Ada info apa yah di FB
Ada foto baru apa yah di Instagram\
Ada apa lagi yah di Path
Ada video baru apa yah di Youtube
Dan sebagainya..
Sebagainya..

Konsentrasi pun terganggu saat belajar
Fokuspun buyar ketika ting tong hape berbunyi
Nophobia pun terjadi dimana tak bisa lepas dari gedjednya
Tanpa gedjet rasanya dunia tak lengkap

        Bagaimanakah aku menyikapinya??
Apakah ini berarti aku harus gaptek agar tidak terjerat fenomena Comte?
       Apakah ini berarti aku harus nongkrong di perpus saja membaca buku?
Apakah ini berarti aku harus menulis di buku saja bukan menggunakan leptop?
Apakah ini berarti aku harus jalan kaki untuk selamat dari segala macam bencana?
Apakah ini berarti aku harus di rumah terus agar lebih aman dari segala ancaman?
Apakah....
Apakah...
Apakah..
Dan seterusnya

Tidak bisa dipungkiri aku butuh internet
Tidak bisa dipungkiri aku butuh informasi
Tidak bisa dipungkiri aku butuh berinteraksi
Tidak bisa dipungkiri aku butuh mengesplorasi diri
Tidak bisa dipungkiri aku butuh tren agar tidak ketinggalan kata temenku
Tidak bisa dipungkiri...
Tidak bisa dipungkiri...
Tidak bisa dipungkiri.....
Dan seterusnya

        Apa yang harus kuperbuat???
Akhirnya ku mengambil jalan tengahnya...
Akhirnya ku memutuskan memakai keduanya...
Mencampuradukkan fenomena menjadi fenomena Comte

Fenomena Comte yang memiliki dua buah sisi
Sisi positif dan sisi negatif
Bagaikan mata pisau, pisau membunuh namun pisau berguna di dapur
Bagaikann naik pesawat, mati jika jatuh namun efisien untuk bepergian kemanapun
Bagaikan naik motor, akan terjatuh jika mengendarainya namun dibutuhkan bepergian
Bagaikan ...
Bagaikan...
Bagaikan...

Sungguh fenomena Comte tidak bisa dipungkiri
Tergantung pada manusianya
Jika digunakan kepada yang baik maka baiklah
Jika digunakan kepada yang buruk maka buruklah

Bentengi diri dengan spiritualisme
Bentengi diri dengan iman yang kokoh
Walaupun tidak bisa dipungkiri iman bagaikan gelombang yang naik turun
Walaupun tidak bisa dipungkiri adanya nafsu dan rasa ingin tahu dalam diri

Ya Allah....ya Rahman Ya Rahim Ya Malik ya Kudus...
Selamatkanlah diri kami
Tunjukilah kami jalan yang lurus
Jalan yang Engkau Ridhohi
Amin.amin ya Rabbal Alamin.

Wassalamualaikum wr.wb




0 Response to "Jeratan Fenomena Comte "