Latest News

PORTOFOLIO 1: STRUKTUR MODEL LINGKARAN



Portofolio 1: Matematika Model
Pertemuan                  : 1 (Senin, 16 Februari 2016)
Waktu  dan Tempat     : pukul 07.30 s.d 09.10 di Gedung Lama Ruang 102 Gd.Lama
Pengampu                   : Prof. Dr. Marsigit, M.A

PORTOFOLIO
STRUKTUR MODEL LINGKARAN
MATA KULIAH MATEMATIKA MODEL
Dosen Pengampu Prof. Dr. Marsigit, M.A



 











Disusun oleh:
Fitriani, S.Pd
15709251067
PPs Prodi Pendidikan Matematika Kelas A



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2016

STRUKTUR MODEL LINGKARAN

          Kehidupan ini terdiri dari milyaran pangkat semilyar tak terhingga banyaknya struktur. Struktur yang ada melambangkan atau sebagai ikon untuk struktur selanjutnya yang tersusun rapi dari struktur pertama dengan struktur yang lainnya saling berkaitan. Struktur tersebut sebagai wadah bagi kita para pelaku pendidik untuk dikaji lebih dalam makna dan fungsinya sebagai sintesis pengetahuan baru. Oleh karena itu diperlukan pengkajian lebih dalam untuk sebuah struktur tertentu. Pada portofolio pertama ini akan mengkaji salah satu struktur matematika yang berkaitan dengan lingkaran.

Lingkaran sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, coba saja perhatikan benda-benda yang berada disekitar kita. Hampir di setiap celah terdapat bangun lingkaran, entahkah itu lingkaranya merupakan lingkaran besar atau lingkaran kecil. Contoh-contoh bangun misalnya sebagai berikut:

Tahukah anda bahwa tokoh penemu lingkaran yaitu Zu Chongzhi yang berupaya menghitug nilai phi sekitar tahun 464 ketika Zu Chengzhi berumur 35 tahun. Tokoh selanjutnya yang mengembangkan lingkaran adalah Rene Descartes pada tahun 1630 sampai dengan 1634 yang merupakan ilmuan sekaligus filosof matematika terkenal.
Lingkaran yang sebagaimana kita ketahui definisinya merupakan kumpulan titik-titik yang berjarak sama terhadap sebuah titik tertentu. Titik tertentu yang merupakan pusat sebuah lingkaran. Pusat lingkaran merupakan poros utama dalam sebuah lingkaran. Lingkaran yang merupakan model matematika yang merupakan struktur tentunya dalam realitanya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.


1 Response to "PORTOFOLIO 1: STRUKTUR MODEL LINGKARAN"