Latest News

Ini Kisah Lahirku...Mana Kisahmu???



Ini Kisah Lahirku...Mana Kisahmu???

          Kisah kelahiranku...hummm...tidak begitu banyak informasi sih yang kutahu. Hanya beberapa penggal cerita dari mamaku, kakakku, tanteku, sepupuku dan sebaginya yang kurangkai menjadi sebuah tulisan. Tulisan yang tentunya tidak menggambarkan keseluruhan jejak kelahiranku pada masa itu tapi setidaknya bisa merangkai cerita dari beberapa sumber itu membuatku tahu betapa besar perjuanganmu Mamaku dan Bapakku telah melahirkanku ke dunia ini...sehat selalu Mamaku dan Bapakku sayang...amin...


          Pada hari Sabtu, 04 April 1992 sekitar pukul 11.00 wita di RSU Tenriawaru Watampone, tangisan pertamaku di dunia ini. Dikala moment-moment menanti lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1412 H yang jatuh di keesokan harinya yaitu Minggu, 05 April 1992. Kata Ibuku pada hari itu pegawai rumah sakit pada sepi dan mudik untuk mempersiapkan lebaran. Tersisa hanyalah beberapa suster yang tidak mudik karena kejauhan daerahnya atau non muslim. Ditambahkan mamaku pula, pada saat moment-moment kelahiran itu dokternya malah yang jaga tidak ada jadi dijemput di rumahnya, tapi syukurlah rumahnya dekat rumah sakit. Alhmdulillah

Memasuki proses kelahiran, aku pun lahir berbeda dari bayi pada umumnya. Dimana secara normal bayi itu harusnya yang keluar duluan kepalanya, nah  aku mallah lututnya yang nongol duluan.....kata mamaku...huuuuuftttttttt......sakitnya tuh bukan main pada saat lahirin.....hampir di sesar...hummm....maaf yah mamaku Sayang, Insya Allah ku akan berusaha semampuku membahagiakanmu..sehat selalu amin amin....

Googling-googling....tanya mbah google ternyata bayi yang lahir seperti ini disebut sungsang dalam ilmu kedokteran dimana beberapa penyebabnya adalah  sebagai berikut:

1.  Bobot janin relatif rendah. Hal ini mengakibatkan janin bebas bergerak. Ketika menginjak usia 28-34 minggu kehamilan, berat janin makin membesar, sehingga tidak bebas lagi bergerak. Pada usia tersebut, umumnya janin sudah menetap pada satu posisi. Kalau posisinya salah, maka disebut sungsang. 

2.  Rahim yang sangat elastis. Hal ini biasanya terjadi karena ibu telah melahirkan beberapa anak sebelumnya, sehingga rahim sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya. 

3.  Hamil kembar. Adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim. 

4.  Hidramnion (kembar air). Volume air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga. 

5.  Hidrosefalus. Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan (hidrosefalus) membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.

6.  Plasenta previa. Plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Akibatnya, janin berusaha mencari tempat yang lebih luas yakni di bagian atas rahim. 

7.  Panggul sempit. Sempitnya ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang. 

8.  Kelainan bawaan. Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang
(sumber:https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090602110213AAJiNG)

Berdasarkan sumber di atas kemungkinan penyebabnya adalah yang pertama dan kedua karena dari penyebab yang lain tidak ada di sebutkan dari sumber-sumber yang menceritakannya kepadaku...hehehe....karena terbukti juga sekarang akunya yang kurusan tak berisi,,,hehehe. Serta anak ketiga pula jadi rahimnya dah luas kali yah... jadi akunya suka muter-muter mungkin di rahim mamaku karena dah besar,,,hahaha..(Khayalan tingkat dewa..hihihih). Namun...Alhmdulillah proses kelahiran berjalan dengan lancar dan saya pun lahir dengan selamat dan mamaku pun demikian... Alhamdulillah Ya Rab... 

          Tibalah saat penentuan nama...hummmm....mama dan bapakku ternyata belum terpikirkan hal ini. Nah...para pembesuk serta keluarga pun berdatangan,,,yah pastinya menanyakan nama si bayi..heheh...(nanyain aku lah..hahahaha)...nah.. ternyata di hari yang sama ada tiga bayi yang lahir dan berhubung esok adalah lebaran idul Fitri yah....tidak berpikir panjang lagi orangtuaku...kasi nama FITRI aja...hehehe... nah..kan ada tiga orang tuh jadi semuanya pake FITRI tapi akhirnya aja yang beda.. dan akhirnya saya pun dinobatkan dengan nama FITRIANI dan yang dua lainnya FITRIANA dan FITRIA,,,,jadilah fitriani yang Anda kenal sekarang....hehehe...cukup sekian kisah kelahiranku....mana kisahmu?? :-) :-)